Internal Value defaultContent

Kamis, Agustus 20, 2009

Sifat Munafiq Adalah Menampakkan Islam Dengan Lisan dan Menyembunyikan Kekafiran Dengan Bathin

Berkata Al Imam Al Barbahari Rahimahullahu Ta’ala:

والنفاق أن يظهر الإسلام باللسان ويخفي الكفر بالضمير

Nifaq (yang memiliki sifat ini dinamakan Munafiq) adalah menampakkan Islam dengan lisan dan menyembunyikan kekafiran dengan bathin.


Syaikh Allamah Ahmad bin Yahya An Najmi

Kata "Nifaq" adalah pecahan dari kata "An Nafaq" yakni lubang yang berada di tanah. Dinamakan dengan nama tersebut karena seorang munafiq menampakkan sesuatu yang yang menyelisihi apa yang ada dalam hatinya. Nifaq seperti ini dinamakan nifaq i’tiqadi.

Adapun nifaq ‘amali, yakni nifaq yang tidak mengeluarkan pelakunya dari Islam, bahkan pelakunya tetap Muslim.

Adapun nifaq i’tiqadi merupakan nifaqnya orang-orang Munafiq pada zaman Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam, yaitu menampakkan Islam dan menyembunyikan kekafiran serta berusaha seketat mungkin untuk menjaga hal-hal yang bisa membongkar aqidah aslinya. Oleh karena itu Allah Subhanahu wata’ala mengabarkan bahwa orang-orang Munafiq disiksa di kerak-kerak neraka. Wabillahit taufiq.

[Dari Kitab Irsyaadus Saari ila Taudhihi Syarhis Sunnah lil Imam Al Barbahari, Edisi Indonesia Penjelasan Syarhus Sunnah Imam Al Barbahari Meniti Sunnah di Tengah Badai Fitnah oleh Syaikh Ahmad bin Yahya An Najmi, Penerbit Maktabah Al Ghuroba, hal 231]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar